Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Minggu, 10 Agustus 2014

UVCOOL METAL COAT Cat Anti Karat Water Base




UVCOOL METAL COAT merupakan Cat Polymer Water Base Modified by UVCOOL dimana cat ini dirancang sebagai anti karat pada media yang berbahan dasar metal (baja/besi), yang bisa diaplikasikan langsung pada media yang kondisinya sudah berkarat.

Aplikasi:
1. Dapat langsung digunakan pada media yang sudah berkarat
2. Dapat sebagai  antikarat pada mobil
3. Bila terdapat bekas cat, harap dibersihkan dahulu sebisa mungkin

Cara Aplikasi:
1. Bisa dikuas
2. Spray dengan Airless Sprayer

Cara Kerja:
1. Pada besi beton di kuas 2 kali, interval pengecatan 24jam
2. Jika sebagai antikarat mobil bagian bawah di spray sampai ketebalan 2 mm, sedangkan bagian lain cukup media tertutup cat.

Kondisi Media harus kering
Pengencer : tidak ada pengencer langsung di kuas, namun hasil lebih baik menggunakan airless sprayer

Warna: Hitam

Keunggulan UVCOOL METAL COAT:
1. Anti karat
2. Bila diaplikasikan pada besi beton bisa menempel pada cor-coran, sehingga bisa membentuk kerapatan antara besi dan cor-coran.
3. Aplikasi pada seng yang berkarat hingga seng berlubang
4. Sebagai insolator sehingga tahan aliran listrik 20.000VA, agen karat tidak bisa tembus
5. Tahan abrasi dan air hujan
6. Tahan Asam
Contoh Korosi Pada Baja Tulangan

 Korosi Pada Tulangan

Pada korosi jenis ini, kerusakan terjadi pada tulangan di dalam beton. Ini disebabkan karena tulangan di dalam beton bereaksi dengan air dan membentuk karat. Karat yang terbentuk pada tulangan ini mengakibatkan pengembangan volume besi tulangan tersebut. Pengembangan volume ini kemudian mendesak beton sehingga beton tersebut terkelupas atau pecah.

Terjadinya karat ini disebabkan adanya reaksi antara unsur besi (Fe+) di dalam tulangan dengan unsur hidroksi (OH-) dari air.
2Fe2+ + 4OH- → 2Fe(OH)2




Proses Korosi pada Baja Tulangan
Lalu dari mana datangnya air yang kemudian menyebabkan besi tulangan tersebut berkarat ? Air ini dapat masuk ke dalam beton dan sampai ke tulangan melalui 2 cara, yaitu:
  1. Air Hujan yang asam (PH 5) yang masuk dari luar atau uap air di udara melalui pori-pori beton karena beton tidak kedap air.
  2. Proses karbonasi, yaitu reaksi antara karbondioksida (CO2) dengan unsur kalsium hidroksida di dalam beton (Ca(OH)2) karena beton tidak kedap udara. Ca(OH)2 + CO2 → CaCO3 + H2O

Catatan:
Pada media yang sudah dicat dengan UVCOOL METAL COAT, media tersebut tidak boleh ditumpuk langsung walaupun sudah kering. Jika ingin menumpuk harus dilapisi plastik PP




Submenu Section

Feature

 
 
Blogger Templates