Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Minggu, 22 September 2013

Polycarbonat Bikin Rumah Tambah Panas



Panas suatu bahan yang terpapar sinar matahari disebabkan adanya energi gelombang pendek yang dipancarkan oleh matahari, diserap benda yang ada didalamnya, sebagian energi ini diserap dan dipantulkan dalam bentuk gelombang panjang yang tidak tembus penutup transparan. Lapisan penutup transparan memungkinkan radiasi gelombang pendek dari matahari masuk dan menyekat radiasi gelombang panjang.(kamaruddin A.et al.,1990). Ini sering dinamakan Efek Rumah Kaca.


Jika matahari mengenai bahan tembus cahaya, maka sebagian sinar itu diteruskan selain di serap dan dipantulkan kembali. Oleh karena itu penutup transparan memerlukan bahan yang memiliki daya tembus (transmissivity) yang tinggi dengan daya serap (absortivity) dan daya pantul (reflectivity) yang rendah agar dapat memerangkap gelombang pendek sebanyak mungkin .(kamaruddin A.et al.,1990)
Tabel berikut ini menyajikan karakteristik beberapa bahan tembus cahaya.


Fiber atau Polycarbonat adalah salah satu bahan yang dipakai untuk membuat Efek rumah kaca, untuk perkebunan, pembibitan tanaman karena efek hangat yang diinginkan terdapat pada bahan polycarbonat.



Tapi kalo bahan polycarbonat ini anda pake di rumah, sebaiknya digunakan untuk tempat jemuran, karena efek panas lebih, namun jika anda pakai di depan rumah (teras) atau car port maka panas berlebih dari polycarbonat akan menyebar ke ruang disekitar, udara panas dan kering akan berhembus dirumah anda.




Biarpun penampilan Polycarbonat baik, penuh warna, namun mulai sekarang hindari memasang polycarbonat, karena memang keperuntukankan memberi efek panas lebih besar. Apabila anda terlanjur memakai polycarbonat, maka anda bisa menutupnya dengan UVCOOL, Caranya :
  1. Jika Polikarbonat masih kondisi baik, tidak retak dan tidak bocor, bersihkan dulu debu-debu lalu cat dengan UVCOOL ZINC COAT Water Base 2 Lapis dan UVCOOL TOP COAT Water Base untuk lapis terakhir agar tidak mudah kotor.
  2. Jika kondisi Polikarbonat sudah retak berlubang dan bocor cukup lebar, maka tutup/tambal dengan kain tipis (kain Spanduk) lalu cat dengan UVCOOL ZINC COAT Water Base 2 lapis dan Lapis ke 3 dengan UVCOOL TOP COAT Water Base 1 lapis.
Upaya ini akan lebih murah, jika anda harus mengganti polikarbonat yang sudah terlanjur dipasang dengan Galvalume atau Seng.







Submenu Section

Feature

 
 
Blogger Templates