Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Jumat, 25 April 2014

Cara Mengatasi Atap Asbes Semen, Dak Beton yang panas dan Seng Bocor



Dak Beton sebagai atap dan Fiber Semen gelombang yang terbuat dari adonan semen, pasir dan fiber dengan komposisi tertentu yang merupakan Ikatan HYDRAT.

Gambar Atap Fiber Gelombang (Asbes semen) yang sdh korosi

Sama halnya dengan dak beton bertulang baja, merupakan rangkaian besi baja dengan struktur tertentu yang ditutupi oleh campuran semen dan pasir serta bahan pengikat seperti kerikil dengan Ikatan Hydrat.




Siang hari di Kota Surabaya Asbes yang sdh dilapisi UVCOOL suhu 33 derajat Celcius sama seperti suhu luar

Beton yang selama ini dikenal sebagai material yang “tahan karat”, sebenarnya bisa juga mengalami korosi sebagaimana korosi atau karat yang terjadi pada struktur baja. Korosi yang dimaksud di sini adalah kerusakan material beton tersebut akibat proses kimia yang terjadi di dalamnya. Tentu saja bentuk korosi beton ini tidak sama dengan korosi yang terjadi pada besi baja.
Struktur beton yang rentan terhadap korosi adalah :
  • struktur yang terletak di lingkungan laut, seperti platform offshore, dermaga, jetty, dsb.
  • struktur yang terletak di dalam tanah, seperti pondasi, basement, terowongan, dsb.
  • struktur yang terletak di lingkungan karbondioksida yang tinggi
  • struktur pada Dak Beton sebagai atap yang terkena Air hujan yang bersifat asam
Korosi pada struktur beton bertulang ada 2 jenis, yaitu :
  1. Korosi pada baja tulangan
  2. Korosi pada beton

Korosi Pada Baja Tulangan

 Korosi Pada Tulangan

Pada korosi jenis ini, kerusakan terjadi pada tulangan di dalam beton. Ini disebabkan karena tulangan di dalam beton bereaksi dengan air dan membentuk karat. Karat yang terbentuk pada tulangan ini mengakibatkan pengembangan volume besi tulangan tersebut. Pengembangan volume ini kemudian mendesak beton sehingga beton tersebut terkelupas atau pecah.

Terjadinya karat ini disebabkan adanya reaksi antara unsur besi (Fe+) di dalam tulangan dengan unsur hidroksi (OH-) dari air.
2Fe2+ + 4OH- → 2Fe(OH)2




Proses Korosi pada Baja Tulangan
Lalu dari mana datangnya air yang kemudian menyebabkan besi tulangan tersebut berkarat ? Air ini dapat masuk ke dalam beton dan sampai ke tulangan melalui 2 cara, yaitu:
  1. Air Hujan yang asam (PH 5) yang masuk dari luar atau uap air di udara melalui pori-pori beton karena beton tidak kedap air.
  2. Proses karbonasi, yaitu reaksi antara karbondioksida (CO2) dengan unsur kalsium hidroksida di dalam beton (Ca(OH)2) karena beton tidak kedap udara. Ca(OH)2 + CO2 → CaCO3 + H2O

Korosi Pada Beton

Gambar korosi pada beton

Foto di atas adalah contoh korosi pada beton yang terjadi di permukaan bagian bawah lantai dermaga. Korosi pada beton terjadi akibat terbentuknya ettringite akibat reaksi kimia antara unsur kalsium di dalam beton dengan garam sulfat dari luar.  Sama seperti karat pada besi, ettringite yang terjadi menyebabkan pengembangan volume beton sehingga menyebabkan massa beton terdesak dan pecah.
Secara lengkapnya, proses terjadinya ettringite ini dapat dijelaskan sebagai berikut.

Proses Iktan Hidrat antara semen (C3S dan C2S) dengan air menjadi pasta semen (3CaO.2SiO2.3H2O disingkat CSH).
C3S + H2O → CSH + Ca(OH)2
C2S + H2O → CSH + Ca(OH)2

Ca(OH)2 yang terjadi kemudian bereaksi dengan garam sulfat dari tanah, air laut dan Air Hujan Asam
Ca(OH)2 + MgSO4 → Mg(OH)2 + CaSO4
CaSO4 yang terjadi bereaksi kembali dengan C3A dari semen dan air menjadi ettringite
C3A + CaSO4 + H2O → ettringite

Ettringite

Ettringite (6CaO.Al2O3.32H2O, atau disingkat C6AS3H32) merupakan hasil reaksi dari unsur kalsium di dalam beton dengan garam sulfat dari luar. C3A + CaSO4 + H2O → ettringite. Memiliki bentuk kristal memanjang seperti jarum. Ettringite ini menyebabkan pengembangan volume beton sehingga mebuat beton pecah.

Bentuk kristal Ettringite

Cara Mengatasi Agar Atap Asbes Gelombang dan Dak Beton tidak korosi dan tidak panas:
  1. Agar tidak korosi, maka atap dan dak beton di lapisi pelapis anti bocor dan agar juga tidak panas lebih baik menggunakan UVCOOL ZINC COAT Water Base dan UVCOOL TOP COAT Water Base.
  2. Jika struktur beton ada di laut maka perlu dilapisi cat spesial ANTIFOULING atau anti tiram, karena cat ini disamping untuk melapisi beton tidak korosi air laut juga untuk menghindari tiram menempel pada kolom beton tersebut.






Submenu Section

Feature

 
 
Blogger Templates