Cara Dinginkan Kandang Ayam



Suhu optimal bagi kehidupan ayam broiler ialah sekitar 21o C, atau bervariasi antara 16-26o C dan tidak lembab. Negara kita yang terletak di daerah tropis ini sebenarnya keadaan suhu udara lingkungan sepanjang hari tak begitu banyak berbeda. Perbedaan yang nyata ialah pada siang dan malam  serta dataran rendah dan dataran tinggi. Perbedaan antara siang dan malam hari berkisar antara 3-5o C. Dataran rendah dengan ketinggian 0-500 m di atas permukaan laut akan menyebabkan keadaan suhu minimal di dalam ruangan kandang sekitar 26o C. sedangkan di daerah dataran tinggi antara 700-1.000 m, akan mengakibatkan suhu minimal di dalam kandang 15o C, dan maksimal 26o C.




Analisa:
Melihat bangunan Kandang Ayam Close House diatas merupakan bangunan tertutup dengan atap Galvalume yang bagian bawahnya diberi insulasi alumuniun foil, dengan memasang blower exhaust begitu besar dan banyak, agar panas kandang optimal. Namun tidak sedikit energi listrik dan biaya operasional peralatan alat2 listriknya.
Apabila atap dan dinding kandang dilapisi UVCOOL, maka blower exhaust cukup dipasang 1 saja untuk, mengeluarkan udara dalam tidak terus menerus nyala. Jika yang diinginkan suhu 26o C maka dengan mudah dicapai dengan aplikasi UVCOOL di atap dan dinding kandang tersebut dan tentunya akan menghemat biaya operasionalnya




Diberdayakan oleh Blogger.