Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Selasa, 29 Juli 2014

UVCOOL Paint untuk Mendinginkan Atap dan Tembok Sarang Walet


(Sebenarnya sudah banyak pemilik RBW di Kalimantan dan Sulawesi yang membuktikan keunggulan Cat Penolak Panas Matahari UVCOOL PAINT, cuma yang punya dokumentasi hanya dari Pare-Pare Sulawesi Selatan ini, Terima Kasih pak Rahman telah membagi fotonya, dan beliau sekarang membangun RBW lagi, semoga SUKSES.....)


Persyaratan Membangun Gedung Walet
Setelah mendapat lokasi yang tepat, langkah selanjutnya adalah membangun gedung walet. Tentunya bangunan harus disesuaikan dengan kebutuhan walet agar walet mau hinggap, betah, dan berkembang biak di dalamnya.

Sebagaimana yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, faktor lokasi memegang perananan penting dalam mendirikan gedung walet. Jika lokasi bangunan yang di dirikan merupakan sentra walet, peluang untuk memikat walet akan semakin besar.
Beberapa elemen penting yang mendukung terciptanya habitat walet yang baik sebagai berikut:

1. Suhu
Menurut para konsultan walet, suhu paling ideal di dalam gedung walet berkisar 26 – 29 C. Suhu tersebut dapat tercipta apabila ketebalan dinding, atap, lebar ruangan, dan jumlah ventilasi yang ada tertata dengan baik. Penggunaan termometer sangat diperlukan, sehingga suhu udara dapat dipantau setiap saat.
 
2. Kelembaban
Kelembaban gedung walet juga harus memiliki kelembaban yang sesuai layaknya gua. Idealnya, kelembaban gedung walet berkisar 75-90%. Untuk mengukur kelembaban ruangan dapat digunakan hygrometer.  Semakin panas suhu ruang suatu bangunan, maka kelembabannya semakin kecil.
 
3. Pencahayaan
Walet adalah burung yang agak sensitif. Walet relatif memilih sarang yang relatif tersembunyi dan sebisa mungkin menghindari segala bentuk aktivitas manusia. Karena itu, gedung walet yang dibangun harus mampu meniru kondisi tersebut. 








Untuk mencapai suhu ruang 26-29 derajat celcius dan kelembaban 75% apalagi 90%, maka upaya penyiraman air dengan metode sprayer dilakukan. Namun untuk mencapai suhu ruang 26-29 derajat akan sangat mudah jika:
  1. Atap yang terbuat dari genteng, seng, dak beton di cat dengan menggunakan UVCOOL ZINC COAT dan UVCOOL TOP COAT dengan tekstur lebih kilap akan tidak mudah kotor.
  2. Tembok dicat menggunakan UVCOOL SUPER SHIELD dengan tekstur masif dan lebih doff dengan warna super white yang mampu memantulkan 90% cahaya matahari penyebab panas, sehingga suhu ruang 26-29 derajat celcius dengan mudah dicapai dan kelembaban udara terjaga karena suhu ruang lebih dingin.
  3. Sedangkan untuk mencapai kelembaban lebih maka memberikan sistem kolam di dalam ruang walet merupakan upaya tambahan.
  4. Untuk Hasil pemantulan 100% Cahaya Matahari di beri UVCOOL TOP COAT tekstur Lebih Kilap.
Untuk Atap Genteng, Seng, Dak Beton dan Tembok Luar Gedung Walet sangat baik menggunakan:









Submenu Section

Feature

 
 
Blogger Templates